02 Maret 2009

Home » » Aneka jenis pakan hamster

Aneka jenis pakan hamster



Untuk melengkapi artikel saya sebelumnya tentang pakan hamster, maka kali ini saya akan mengulas aneka makanan hamster yang saya pakai dan terbukti tidak bikin hamster sakitan ataupun meninggal. Tetapi sebelumnya saya mau menggaris bawahi “JANGAN MEMBERI MAKANAN DENGAN SATU JENIS SAJA”. saya juga mendapatkan jenis pakan hamster ini dari situs http://hamster.acanic.net/pakan-hamster.html disitu terdapat banyak sekali pakan hamster dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya. Tetapi dalam arikel saya kali ini hanya akan membahas beberapa jenis makanan hamser yang saya pakai saja. Adapun jenis pakan hamster yang saya gunakan adalah:

1. Biji bunga matahari / kacang tanah
menurut saya biji bunga matahari adalah yang paling disukai hamster, mungkin dengan rasanya yang gurih maka hamster sangat suka dengan biji ini. Biji bunga matahari banyak mengandung LEMAK yang bisa kita gunakan untuk memuat hamster kita gemuk. tetapi katanya kalau kebanyakan bikin bulu hamster kita jadi rontok. Ah itu hanya katanya…. Nyatanya hamster saya nggak botak tuch bulunya?padahal setiap hari aku kasih makan biji bunga matahari, tapi juga aku campur dengan biji2an yang laennya.. so aman2 saja.
2. Beras/gabah ^diutamakan beras/gabah merah^
Seperti kita, hamster juga butuh yang namanya karbohidrat, nah inilah penghasil karbohidratnya. Katanya lebih bagus kalau kita kasih dalam bentuk gabah, karena kulitnya mengandung vitamin D. tetapi menurut saya, malah lebih simple pake beras langsung saja. Kenapa? Karena biar kulitnya nggak bikin kotor kandang hamster kita.. kan hanya akan diambil isinya saja dan kulitnya pasti dibuang.
3. Kacang hijau dan Kedelai
Selama ini yang saya berikan hanya kacang ijo, karena Kedelai sangat susah didapat didaerah saya. Tetapi menurut saya inilah makanan jenis kedua yang disukai hamster disamping biji bunga matahari. Apalagi jika hamil… makanan ini sangat disukai hamster ketimbang biji bunga matahari. Kenapa? Saya sendiri juga nggak ngerti, tetapi mungkin banyak mengandung protein so sangat dibutuhkan untuk bayinya. Kan biar tulangnya si bayi tumbuh dengan baik dan nggak ada yang cacat. Gitu kali ya…
4. Makanan burung perkutut
Ini berbenuk biji2an yang bentuknya kecil2, ini juga disukai hamster. Ntah kenapa dia bisa suka.. enak kali ya?
5. Jagung
Ini adalah makanan yang menuru saya kurang disukai oleh hamster, nggak tau kenapa tiap kali 5 jenis makanan diatas aku campur jadi satu dalam wadah makan hamaster, maka jagunglah yang paling sedikit dimakan. Jd saran saya, beri sediki saja untuk jagung. Karena dari pada mubazir, hamster kan bisa memilih sendiri mana yang dia sukai.
Nah makanan hamster diatas adalah yang saya pakai sampai saat ini, dan hasilnya memuaskan tuch. Dan si hamster juga nggak protes tuch?? Hehehe
6. AIR PUTIH
Jangan lupa untuk memberinya air putih dengan cukup jika makanan yang kita berikan adalah jenis diatas. Sebaiknya dan saya anjurnkan air putihnya yang sudah direbus atau yang mateng, biar lebih bagus. Terus ditaruh dalam DOT khusus hamster..biar nggak gampang tumpah dan si hamter nggak basah kena air minumnya. Harganya Cuma 10.000 kok.. banya tersedia ditoko hamster pastinya.

PERHATIAN: hamsterku mati satu gara-gara kurang minum air putih, dan berakibat anusnya berdarah tiada henti so mati. Dan aku nyesel….itu pengalamanku yang buruk.

Terima kasih telah berkunjung di www.hobyfarlet.blogspot.com serta membaca artikel: Aneka jenis pakan hamster

ARTIKEL BISNIS TERBARU


Artikel Terkait Lainnya Seputar:



25 komentar:

  1. Oh iyah Hamster yang Pantatnya berdarah itu Jantan atau Betina
    hehehe
    Kalau Betina berarti ada sesuatu yang terjadi terhadap rahimnya, mungkin terkena Rehidrasi
    dan mungkin karena infeksi pada bokongnya
    tapi kalau Jantan mungkin karena rehidrasi atau karena infeksi pada bokong

    BalasHapus
  2. hamster betina, nggak tau karena apa.. mgkn gara2 g aku kasih mnum.. lha pada wktu itu saya baru punya dot 1. hehehe... eh iya, ternyata memelihara hamster bisa juga jadi duit ya?? trims dah mengunjungi blog yang awam ini..

    BalasHapus
  3. Marlet salam kenal...
    Saya baru melihara hamster setelah bertahun2 minta izin gak di approve sama ortu.
    Saya punya 2 hamster (1 psg), sy kandangin tingkat 3. Tp mereka cm suka naik sampe tingkat 2 trus mereka suka berdiri diatas roda dan terjun bebas dr lt 2.. Atau terjun langsung tanpa roda atau tangga. itu bgmn??? Mati gak ya???
    Trus utk mknan... Mesti diganti berapa hari sekali??? Krn klo sehari sekali kok rasanya boros sekali?? Coz ini hamster cuma mau makan biskuit, biji bunga matahari, dan popcornnya aja... Jagung dan makanan kecil lainnya gak dimakan2. Tlg bantuannya ya...

    BalasHapus
  4. sebelumnya terimakasih dah berkunjung ke blogQ yang ku tulis menurut pengalaman pribadi.
    terjun?? saya rasa nggk apa2 asal nggk tinggi bgt, kl cm 20-30 cm saya rasa nggk apa2. lagian dia jg tau kl misal trjunnya terlihat dia sengaja berarti emg dia sng.
    untuk mslh mknan ya, mmmmmm
    hamster km kok manja gitu, aku dulu pdhl mknan utama tak kasih jagung,kacang ijo,kacang tanah,biji2an untuk mkn burung gitu, nah semua dmkn hbs. trs kuaci sm mknan laen itu sebagai selingan aja. mgkn seminggu sekali. emg seh, pglmn saya kl dah biasa dksh yang enak mk nggk mau dksh yg sdkt g enk. itu cm manja aja.:D
    punyaku tak ksh wortel mlh nggk mau tuch gr2 g prnh/jarang tak ksh wortel. :D
    cb sehari itu km ksh jagung aja, jgn diksh yg laen. kyknya ttp dmkn krna pglmn sy gitu.
    mslh ganti makanan ya, mmmmmm
    jangan ganti tiap hari donk, kl msh ditempat mknan ya jgn diganti.. nah makanya sbsa mgkn ksh ukuran yg pas buat sehari gitu. ya kira2 aja..
    kl aku misal lum hbs ya lum tk ganti..
    tp krna dah terbiasa mmberi mkn ya tak buat pas sm takaran sehari kira2 hbs brpa byk gitu. jd tiap hari ya ngisi mkn trs..
    kl mnrt saya mndg makananya dgnti aja, jgn yg mahal2... boros duit!! hehehe secara aku anak kos.

    oke thanks banget dah mampir dan berkunjung, semoga jawabanku bisa membantu.

    BalasHapus
  5. Makasih jawabannya.
    Mang rasanya ini hami2 manja banget... Aku ikutin saran kamu makanan gak aku ganti.
    Aku gak tau biasanya yang jual kasih makan apa aja tapi sih sama yang jual, kita dikasih pakan ini. Jadi tetep aku mau kasih pakan ini aja.
    Tadi aku ekperimen... Aku masukin jagung, popcorn, crakers yang baunya kayak whiskas, biji bunga matahari dan kumpulan biji2 kecil lainnya ketempat makan trus aku amatin.
    Hami2 lebih memilih crakers yang baunya kaya whiskas, trus popcorn, biji bunga matahari, dan jagung. Dan sepengetahuanku (kuamati), biji2 kecil lainnya gak di sentuh.
    Oiya, malem ini rasanya ntu hami2 gak makan coz seharian molor mulu, jadi tadi aku coba kasih beras... Dan... Weees.. Langsung habis ntu beras. Tapi tetep besok gak aku ganti makanannya sampe mereka makan apa yang ada. Tapi kira2 stress atau mati gak ya???
    Tx... Maaf kepanjangan

    BalasHapus
  6. iya gpp panjang, emg lagi bingung kok. :D
    oiya, pakan hamster biasanya kalo nggk habis saya biarkan sampe max 3hr sejak makanan di isi. hamster nggk mati kok, wong sehari nggk dikasih mkn aja nggk mati lho..?
    itu pengalamanku, karena hamster itu msh menyimpan byk banget makanan di dalam pipinya dan hamster jg akan memakan seadanya jika emang persediaan mknan di dalam pipinya dah hbs. pengalaman juga, hamsterQ pernah suatu hari itu aku mls beli makanan ke toko hamster, nah saat itu dah khbsn mknan gitu, aku ksh mkn seadanya,, berupa beras,kubis, dan kacang panjang.. itpun sedikit. dan bahkan kdg nggk aku ksh mkn. tp dia nggk mati, tp justru yang mengagetkan hamsterku ada yang mati satu karena dimakan rame rame. sungguh benar ini.. karena satu kandang ada 8 ekoran.. gitu kawan. semoga membantu. :)

    BalasHapus
  7. terimakasih marlet.
    aku iseng kasih beras eh langsung ilang... hahaha... pipinya langsung gemuk
    trus aku sengaja kasih crakers kesukaannya di lantai 3 biar mereka gerak ke lantai 3. tapi sayang gak naik2. baru naik setelah bungkus wiskas aku buka aku taruh di atas kandang. baru deh ke atas. setelah mereka naik, aku tutup wiskasnya dan voila... mereka nemuin crakersnya di dalam rumah2an. tapi abis itu gak bisa lagi...

    makasih atas bantuannya.. ntar kalo aku bingung lagi aku nanya ya...
    hehehe :p

    BalasHapus
  8. trima kasih atas saran2nya..
    skalian aq mw tanya, hamster temenku tuh tiba2 sakit...
    ktnya hidungnya brdarah, trs, hamsternya lemes trs, aliran darahnya jg smakin cepet...
    klo tidur dia telentang gitu.... pokoknya kliatan sakit deh.....
    nah, itu knp ya??
    soalnya kita udah cari info, tp ga nemu pnyakit yg gejalanya sprti itu....
    tlg bantuannya....

    BalasHapus
  9. @anonim:
    kebetulan aku lom pernah menemui hamsterQ sakit.. pernah sekali karena terjatuh dari ketinggian ters anusnya berdarah dan akhirnya mati juga. mgkn dibawa ke dokter hewan adalah yg tebaik. hehehe
    aku nggk ngerti slusinya.. maaf nggk bisa membantu.

    BalasHapus
  10. Ai ..
    aq bru ja mlihara hamster . dnger" hamster ntu lebih baek dikasih taoge aja wat ganti minumnya biar kandangny g bsah . terus ktanya g leh sering" ngasi sayuran n sebaikny g di ksi jagung, ntu bner g sih ???
    thx ;)

    BalasHapus
  11. @Enezt: wah selamat memelihara si hewan imoet. :D kl menurutku lebih baik ya di kasih air minum dengan dot khusus hamster, karena selain lebih efisien maka jg hamster bisa minum kpn saja jika di rasa haus. kalo dikasih toge kan tar kalo pas kita nggk dirmh dan tiba2 toge hbs kan ya kshn. heehehe mslh syrn bnr bgt, jgn keseringan dikasih sayuran krn nggk bgs jg untuk pncrnaannya. jagung, nggk mslh aq slma nhe.. hmpr semua biji2an aku ksh..

    BalasHapus
  12. Mbak, hamsterku udah hamil n ngelahirin 3 kali. ke-3 kalinya itu anaknya dimakan abis semua. Yg pertama krn gak ngerti klo yg betina hamil jd pas ngelahirin masih 1 kandang sama yg jantan, dan mati krn di makan induknya yg terpicu sang jantan. Selain itu mgkn krn stress q liatin mulu
    Yang kedua, lagi2 krn kecolongan. Q lupa mesti dipisah wkt pergi ke Banten. gak liat anaknya lahir krn dah ilang duluan. Taunya dr serbuk kayu basah bgt dan darah dmn2 plus pantatnya yg betina gak ada rambutnya.
    Yang ke-3, sekitar 2 hari lalu. Jantan dan betina dah di pisah. Jd pas lahiran udah bener2 sendiri. Tp sampe besok paginya udah ilang semua anaknya. Kandang dah di taruh di pojokan yang gelap trus pakan dah dikasih pakan hamster yang biasanya tp aku tambahin sedikit telur rebus. Cz aku dpt info di kasih telur rebus sedikit. Di lahiran yg ini, kandang aku tutup kerdus/serbet (tp msh ada udara kok) dan gak aku buka2 kecuali saat aku tambahin pakannya di malam hari.
    Pertanyaannya... Kenapa kok anaknya tetep di makan juga ya? Ada saran biar anaknya idup?

    BalasHapus
  13. @Neefia: terima kasih, anda pengunjung aetiaku kayaknya. heheeh tetapi perlu saya klarifikasi kalo saya ini cowok 23 tahun. hehehe
    mengenai masalah anda, kemungkinan besar memang hamsternya yang tidak bisa ngerawat si bayi. memang ada jenis hamster seperti itu, so lebih baik beli lagi. karena ntar mungkin juga bakal dimakan lagi. lihat disini http://hobyfarlet.blogspot.com/2009/12/sebab-hamster-memakan-anaknya.html

    BalasHapus
  14. kak,ciri" ham2 hamil tu gmn??
    aku gag ngerti nui,,

    BalasHapus
  15. @nandanita : lihat di http://hobyfarlet.blogspot.com/2009/05/tanda-tanda-hamster-hamil-dan-mau.html

    BalasHapus
  16. dear marlet,,
    salam kenal,saya andrie kebetulan saya baru dalam memelihara hamster(hampir 1 bulan),untuk jenisnya saya tidak tau pasti namun yg jelas badannya agak besar besar,yg saya mau tanya kenapa hamsters hamster saya tidak hamil hamil ya,padahal dalam 1 kandang ada 6 ekor denga rincian 4 betina dan 2 jantan??,,terima kasih

    BalasHapus
  17. lam knal, aku bru bk blog ini, aku cma mo minta saran nih, hari ini hamsterku br aja melahrkn 6 ank,, akuperhatiin yg jantan aku ga pisah ma yg betina dan anak hamter, aku perhatikan yg jantan ikut ngerawat anak nya, bahaya ga ya tuk nak2 hamster ku ?

    BalasHapus
  18. @anonim: selama aman saja ya g masalah... biarkan saja.. toh aku jg pernah kok nggk tak pisah aman. cm hal ini nggk berlaku lho untuk semua hamster.. mgkn hanya 1 dari 100 hamster yg baik. ehhehee selamat

    BalasHapus
  19. terima kasih atas infonya ttg minum air putih, Marlet, aku kira sebelumnya hamster ga usah dikasih minum, trus nti airnya didapat dari makanannya sperti kecambah, timun, worter, sayuran, buah atau dll pokoknya yg mengandung banyak air, hmm.....aku pikirkan dulu dech hamster2 ku mo aku mulai kasih minum air putih atau ga dulu....

    BalasHapus
  20. biji bunga matahari yang jadi makanannya bisa dari kuaci ngga?kan sama2 dari biji bunga matahari
    terus selain makanan yang diatas ada alternatif makanan lainnya ngga?

    BalasHapus
  21. Mantapp nih artikelnya,,,, jadi gak kebingungan kalu milih pakan hamster,,,,

    BalasHapus
  22. MAW TANYA NI,,,
    HAMSTER KU SNENG BNGD MKAN MELET PUTIH,MELET MERAH N PADI, JADI MKANAN TIAP HARINYA AKU KASIH ITU TERUS, KIRA" NUTRISINYA CUKUP GA' YA?
    TRUS VITAMIN HAMMY YG BGUS APA YA?
    TRUS KAN UDA AQ KASIIN TOILET DIRUMAH NYA, AQ KASIIN PASIR JG TAPI, KO' HAMMY"KU GA' MW PEE OR PUP DISNA YA??

    BalasHapus
  23. dvet's; hih,aku pnya hamster yg warna putih dolo dya pernah lahir anak yg pertama dan itu mati smua skrang kok jdi sering salto melulu.. itu knp yha?? aku tkut ntar jadi keganggu ama kandungan nya.. tolong di blzz yha

    BalasHapus
  24. Q mu Tanya klo makanan hamster hamil yg bugs ap?

    BalasHapus
  25. Mo nnya nich,,,Q pnya Hams kok y susah minum air putih'a.
    Y dy paling klo haus makanin tauge z,bgtu strs'a...tpi Hams Q tuh lincah bngt n gk mo diem bngt. Diem" klo udh tidur z. Tpi terkadang Q kasiian ma Hams Q karna dy mao'a tauge mulu drpd air putih mateng. Trus gmna baik'a y sob ???
    Oh y 1 lgi klo tuk buah apa sih kesukaan Hams itu ? Prnh Q kasih apel tpi kgk mao Hams'a. Hams Q msh kcl , msh kanak" sob. Thank u sblm'a....

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar anda,..

cara berlangganan artikel blog ini

Untuk berlangganan, masukkan email anda kemudian klik OK > masukkan code dan klik complete subsciption request >> cek email dan klik link aktivasinya

Delivered by FeedBurner