03 April 2009

Home » » CARA MERAWAT BAYI HAMSTER BIAR HIDUP

CARA MERAWAT BAYI HAMSTER BIAR HIDUP

Sebenarnya gampang kok merawatnya supaya bayi hamster kita hidup semua. Ini menuru pengalaman saya loh.. dan memang banyak yang hidup dari pada yang mati. Karena induk hamster itu berbeda beda satu sama yang lain,ada yang pinter ngerawat anaknya tetapi ada juga yang blo’on..  neh cara saya untuk merawat bayi hamster.

1. Jangan sekali2 anda pisah induk hamster dengan anaknya, karena pasti ank hamster akan mati semua. Knp??karena nggak ada yang menyusui tho…
2. Pisahkan segera induk hamster jika sudah terlihat mau melahirkan, atau perut sudah terlihat buncit. Karena jika tidak maka anak hamster bias dimakan sama hamster yang laennya (jika satu kandang ada banyak hamster). Tetapi ada juga hamster yang nggak mau makan bayi hamster. Tetapi lebih baek DIPISAH saja.
3. Jangan keseringan dilihat, karena induk hamster pasti akan ngerasa terganggu dan itu bias berakibat penyusuan bayi hamster nggak seimbang.
4. Letakkan ditempat aman dan jauh dari keramaian serta tutupi kandang supaya terlihat gelap layaknya di lorong tikus. Karena habitat hamster emang seneng ditempat gelap.
5. Anak hamster jangan sekali kali kali dipegang, karena bisa dimakan induknya. Jika anda mau memindahkan maka gunakan sendok untuk mengangkat bayi hamster.
6. Makanan dan minuman di dalam tempatnya jangan sampi habis, karena takutnya bayi hamster akan kekurangan gizinya dan bias berakibat premature nantinya.
7. Jika sang jantan tidak suka makan bayi, mending sang jantan dijadikan satu dengan induk yang melahirkan, enapa?karena supaya cepet beranak lagi. Kan hamster itu suka sekali buat anak.. percaya nggak, hamster saya beranak dan si jantan nggak saya pisah dengan betina eh taunya 3 minggu kemudian sudah beranak lagi. Padahal umur kandungan itu hanya sekitar 20 hari.
8. berilah serbuk kerta atau kain supaya bayi2 hamster nggak kedinginan..

Terima kasih telah berkunjung di www.hobyfarlet.blogspot.com serta membaca artikel: CARA MERAWAT BAYI HAMSTER BIAR HIDUP

ARTIKEL BISNIS TERBARU


Artikel Terkait Lainnya Seputar:



210 komentar:

  1. Marlet....
    Anak hamsterku di makan induknya 2,5. Anaknya ada 8 kemaren di gigit bapaknya mati 1, trus pagi ini... Anaknya yg gerak tinggal 1. Bangkainya tinggal 2 yg utuh. Yang 1 tinggal setengah badan. Hiks3... Padahal makanan, minumannya dah banyak. bapaknya dah aku pisahin, kandangnya gak di apa2in. hiks3..
    Gimana sih biar idup??? Anaknya juga gak diapa2in. Kemaren cuma ambil anaknya yang mati digigit bapaknya aja pake sendok. Hiks3

    BalasHapus
  2. mmmmmm...kok bisa gitu ya..
    wah aku jadi ikutan sedih.. km lihatin terus ya?? trs kmrn km pegang nggak anaknya??
    mungkin karena baru pertama kali melahirkan itu kali ya, so lom bisa ngerawat. sebenarnya kalo pas melahirkan trs di biarin aja itu harusnya dah hidup secara alami.
    bapaknya juga nggk bisa ngerawat gitu.. wah nasib malang anak hamster.
    kalo aku dah tau seh, misal hamster mau melahirkan itu kelihatan sering gelish dan perutnya buncit gitu. nah saat itu dah langsung tak pisah sama yang laennya karena hamster banyak.dulu.. skrg dah nggak ada.. hiks. dan berniat mo pelihara lagi..
    ywdh gpplah, mo gmn lagi, mgkn emg hamster lagi beranak untuk pertama kalinya,. mudah2n satu itu tetap hidup. nggk usah di lihatin, dan taruh di tempat yang sepi!! karena kalo ditempat rame (tempat orang mondar mandir), hamster biasanya merasa nggk aman, dan lebih baik anaknya dimakan saja.. gitu..
    moga2 membantu..

    BalasHapus
  3. w juga nie baru punya hamster yang baru melahirkan baru skitar 11 hari dya melahirkan anak ya sekitar 8 ekor or lebih cos wktu pertama w itung mungkin 10 apa w salah itung ya pas w lihat lagi hari ke 2 tnggl 8 anak ya trus hari ke 3 tnggl 7 eh hari ke 4 tngl 6 pas hari nie w lihat lagi tnggl 5 ekor mungkin bener hamster yang baru lahir jangan di liatin trus cz dya gerasa strees n makan anak ya sendiri ituh bapak ya w udah pisahin so inti ya jangan d lihatin trus n kandang ya di gelapin ja.

    BalasHapus
  4. @oji
    bnr bgt hamster yg baru ngelahirin lbh baik ditaruh ditempat yg gelap atau ditutupi aja and jangan dilihatin. itu lebih baik,.. bpk jg dipisah..

    BalasHapus
  5. hamster gw kmrn beranak tpi cma 5 doank,byasanya kan 8 ato lbh ko ini cma s yah knpa tuh,,,
    slahnya lgi anaknya gw pindahin msalahnya anak yang satunya dimakan ma emanya udah aja gw pindahin,eh pas gw liat besoknya mati semua

    BalasHapus
  6. Knp koq hamster me koq cuman beranak 3 aj.kurang kawin kali...

    BalasHapus
  7. @caraway:
    beranak 5 itu dah byk atuuh,, hamster q aja plg byk brnk cm 7 kok, tp alhmdulilah hidup smua, saran saya mendingan kl dah beranak gitu dipisahin sama yg laen aja. biar nggk dimakan,
    @herdion:
    :)) masak kurang kawin.. ya nggk lah,smua hmster jg nggk akan beranak byk2 gitu.. trgntg hamsternya jg. yg beranak 1 jg byk kok..

    @all, thx dah coment disini.. mudah2an bermanfaat..

    BalasHapus
  8. crita gw mrip dgn oji...
    lahir 6,ga smpe sehari,mati dua,2 hri kmudian mati 1 lgi :(

    tpi masa gag ush diliatin????
    gmna gw mo tw anaknya msih hidup taw ga nya???

    BalasHapus
  9. Hamster gw bru ptama x beranak. . Anaknya ada 4. . Bpknya jg uda dipisah. . Tp 3hr kmudian induknya mati. . Anaknya masi ada yg bertahan 2. . Gmana ya biar ga mati jg??? Kasian liatnya. . . Makasi. .

    BalasHapus
  10. hmsterQ kmren jg branak 4ekr,tp ru 3hri tk liat dh g'da yg trssa lg ankx..
    pdhal g'aq liat+dh aq psah ma yg jntan..

    la mkanan yg baek bwt mkan induk hmster pas

    BalasHapus
  11. @dhanang:
    waduh kok bisa gitu ya.. aku turut berduka, jd kasihan kl lihat anak hamster dimakan induknya. aku ps hamil cuma tak kasih makn biji2an kok. nggk ada yg special. standar aja mknannya.

    BalasHapus
  12. kalo cerita gw...baru tadi sore hamsterQ ngelairin 5 ekor. wah gmn ya..ditempat aku malah banyak orang sliweran buat liet2 mereka. tp induknya +anknya baik2 aja moga sampai besok anaknya masih utuh,....Amiiinn
    hehehehehe~
    ~x(

    BalasHapus
  13. @Anonim:
    semoga saja si induk nggk ngerasa terganggu.. tp lebih baik ditaruh ditempat yg sepi.

    BalasHapus
  14. kemarin siang hamsterQ melahirkan 12 ekor, lgsg mati 2 ekor, td mati lg 1 ekor..
    kaget bgt ne, bisa kasih info lebih ga yah masalah perawatannya..
    krn Q bru bgt melihara hamster boss..

    makasih..

    BalasHapus
  15. Wuaduh gw udh bli hamstr jantan ama betina udh lama tp ko ga kawin2 ea?

    BalasHapus
  16. hamsterQ melahirkan td pagi....(pas natal y huhu) mlahirkan 7ekor tp mati 1 gara2 dbw lari2 ma indukya........kya'nya induknya jd heperaktif apa dy stress ya???q tkut cz dy lari ksana kmari kdang nginjek2 anak2nya.......baiknya gmn ya?????

    BalasHapus
  17. setelah baca smua yg d atas jd takuuuuuuuuttt....nie..... soale hamsterq gi hamil,

    BalasHapus
  18. @anonim: wah itu psti gara2 bingung dan stress.. lebih baik letakkana jauh dari keadaan rame. biar dia tenang dan jangan di lihatin.. emg gitu kok kl hbs ngelahirkan, tp ntar jg diem sndiri.. biarkan saja jgn diliatin,
    @iin cimoet: nggk usah tkt... biarkan saja berjalan secara alamiah.. :D
    @opick: selamat ya untuk 12 ekornya. :D

    BalasHapus
  19. cerita Q tragis banget, pagi ini induk hamsterku dimakan ma kucing dan ninggalin 4 anaknya yang masih berumur 7 hari...
    gimana dunk???? masalahnya hanya ada bapaknya aja tuh, bisa kah bapaknya merawat anak2 itu?????
    mohon solusinya...

    BalasHapus
  20. @Anonim:
    waduh... kshn bgt. masih brmur 7 hari.. :(
    ya g tw bisa menghidupi 4 anak itu. tp kl di pikir2 ya nggk mgkn bisa. karena kan nggk bisa menyusui.. atau coba km beri susu aja anak2nya. mgkn aja hidup. heehe

    BalasHapus
  21. eh gw punya hamster tp gw bingung tuh hamster lgi hamil ap gk?soal'y tuh hamster di rumah mlulu,biasanya malam2 main puter-puteran,tp koq udah gk lagi y?gimana yh cara membedakan yg hamil sm yg gk?plizzzz jwbn y

    BalasHapus
  22. kan kita punya hamster, kayanya hamil. biasanya suka dijemur sekitar jam 9 pagi. nah nanti kalau udah melahirkan, apakah hamster hamsterku yang lucu boleh dijemur ? hehe kan biar sehat

    BalasHapus
  23. @aisyah:
    duch... sebaiknya jgn dijemur tuch hamster2.. takutnya ntar malah mati. karena hamster itu kepanasan atau kehujanan nggak boleh.
    hati2 kl jemur,, jgn kelamaan.. karena bisa mati.

    BalasHapus
  24. podo...................

    BalasHapus
  25. kalo hamster beda ras/jenis boleh d'gabung gk sih??

    BalasHapus
  26. @ngajuk: podo apane. heheeh
    @Zulfriansyah: lebih baik jangan... ntar malah berantem dan kasihan yg kecil.. pasti akan mampus. mending dipisah..

    BalasHapus
  27. gmn cara biar hamster jinak ama kita?

    BalasHapus
  28. @Zulfriansyah: biar jinak ya kira sering pegang dia.. sering di ajak maen2.. ya sehari 2 or 3 kali aja.. tp jangan pas tidur.. kshn.. :D

    BalasHapus
  29. hamster akk bru mlahirkan ank 5
    tpi tdi sre dah mti 1,,,
    koq bsa eaa

    BalasHapus
  30. @anonim: bisa saja mati, mgkn karena ke injak waktu pertama kali ngelahirin.. mgkn juga karena si induk kurang pinter ngerawatnya. atau emg tubuh dari anak trsbt nggk bisa bertahan untuk trs hidup.. so nggk usah bingung.. kl emg km dah bnr ngerawatnya dan msh mati ya pasrah. hehehe thx dah berkunjung

    BalasHapus
  31. @marlet"cara yang megang yg benar gmn?ajak main gmn tuh?

    BalasHapus
  32. Gimana sih supaya hamster bisa hamil

    gw kan udah campurin tu si hamsetr berduaan

    padahal si hamter tu udah melakukan hubungan.....

    tapi ko gak keliatan si hamil apa gak nya :))

    BalasHapus
  33. biasanya kalo bayi hamster dipisah dr bpnya brp lama sih?? tgl 26 kmrn, hamsterku melahirkan 4 ekor, trus lgsg aku pisahin dr sang bp...tp lama2 ngliat bpnya sndrian kasian jg...soalnya aku cm punya 2 hamster dewasa yg br aku beli bulan kmrn....

    BalasHapus
  34. @dwi ilvan:
    caranya agar hamil ya biarkan saja hidup alami sja.. nggak perlu diapa2in. mgkn memg lom saatnya hml tuch hamster km.
    @Vidya:
    ya sekitar 2 minggu lah... tunggu smpe gede.. jgn dicampur dulu.. tktnya ntar malah dimakan..gpp sndirian, prihatin dulu. heuheuheu

    BalasHapus
  35. umur berapa sihh sii bayi udah boleh dipisahin?

    BalasHapus
  36. @Anonim: sekitar 2-3 minggu.. tp mending lihat dulu, kalo dah bisa makan dan minum sndiri berarti dah bisa dipisahin. tp kalo msh nyusu di induknya, ya jgn di pisah, kshn ntar..

    BalasHapus
  37. Hamster panda saya baru melahirkan kemarin sore. Anaknya kayak tikus. Saya gak tau kalau hamster saya hamil. Jadi diletak dikandang kecil. Eh, melahirkan. Apakah boleh dipindahin? Ada yang bilang Si induk dikasi makan toge biar asi nya lancar, bener ga?

    BalasHapus
  38. @Budi:
    wah selamat dah py baby hamster.. smga selamat smpe gede. :D dikasih toge ya boleh kok.. bgs jg itu. tp makanan utama ttp bijian. hehehe

    BalasHapus
  39. Q mw tnx, , ,
    knpa koq wktu hams panda q dah beranak,mlam harinx kbingungan ndri kyk stress ge 2?lari sna sni ke smua sdut kandangnx!pa kandangnx k'kcilan or gk da maenannx?truz lech d'pndah gk, , ,?
    thx sblumnx, , ,

    BalasHapus
  40. Anak hamster saya mokad semua.
    :((
    padahal dah dilakukan kayak hal diatas. Mungkin gara2 taon baru ttangga ana ngidupin mercon dgn suara gede kali ya. Jd panik si rogue (nama hamsterku).


    Kalau mau kawin silangkan hamster boleh ga?

    BalasHapus
  41. @ryan: iya seh, emg kadang gitu mondar mandir.. aku jg prnh ngalami hal itu. biasanya itu gara2 stress.. biarkan saja. yg pntg makanan dan minuman ttp ada dan jgn di gangguin.
    @budi: waduh bisa mati gara2 mercon ya.. mmmm. kalo kwn silang, nggk ngerti aku.. tp setahuku kl hmster beda jenis di gabung maka akan berantem. heehehe

    BalasHapus
  42. hamster hamil brp hari sih?
    truzz ad yg mw anak hamster jenis Panda

    BalasHapus
  43. @Zulfriansyah: sekitar 20 hari.

    BalasHapus
  44. tadi malam hamsterku melahirkan, cuma kita bingung induknya yang mana soalnya dalam satu kandang ada dua hamster yg hamil, jadi aku satuin aja betina nya disitu, biar dia cari sendiri anaknya..gimana tuh?tolong ya advice nya ....

    BalasHapus
  45. @Anonim:
    weleh... di campur ya? mmmm mungkin si induk yg hamil td bisa di cek mana yg perutnya dah kempes. dan mana yg msh buncit.. atau lihatin aja mana yg menyusui ya itu induknya. inget! anaknya jgn di pegang

    BalasHapus
  46. ciri-ciri hamster lagi hamil apa aj?

    BalasHapus
  47. lihat saja di bawah ini:
    http://hobyfarlet.blogspot.com/2009/05/tanda-tanda-hamster-hamil-dan-mau.html

    BalasHapus
  48. knapa hamsterku ga beranak tapi pernah gendut
    trus saya liat d lorong2 yg kecil (buat naik ke lantai 2)saya liat ada yg mirip darah tapi membeku gtu
    apa keguguran ya?? :((

    BalasHapus
  49. @Hilmana: wah kok bisa nggk beranak2 ya, jgn2 sesama jenis. heheeh
    berdarah?wah bisa jadi itu keguguran. mgkn kurang gizi, coba kasih touge biar subur. :D

    BalasHapus
  50. kalo serbuk kayu diganti kertas koran yg disobekin gmn???gw pake kertas soalny...
    HAMED

    BalasHapus
  51. @Anonim: mbok ya dikasih nama.. heheh biar enak nyebut namanya. sebenarnya kertas, pasir dan serbuk kayu itu fungsinya hanya agar kencingnya bisa meresap dan bisa ttp kering si hamster.serta bisa buat tempat tidur, agar hangat. so mau pake apa saja nggk masalah. tp saya sarankan pake pasir aja, karena pasir bisa dicuci.

    BalasHapus
  52. @zulfriansyah: mainan hamster itu berupa roda2an itu yg paling di sukainya. buat muter2.. yang lainnya ngk begitu disukainya.

    BalasHapus
  53. hamster klo sakit gimana?y?dan cara menyembuhkan nya

    BalasHapus
  54. @zulfriansyah: kurang ngerti aku klo soal hamster sakit. mgkn solusi terbaik ya di bawa ke dokter hewan. maaf nggk bisa bantu.

    BalasHapus
  55. hamster ku belum beranak-anak,cara ngawinin hamster gimna y?

    BalasHapus
  56. @zulfriansyah: wah hamster itu cara ngawininnya gmn ya.. mmmm menurut info2 seh katanya dikasih wangi2an si cewek atau dimandiian pake bedak saja. coba kali aja berhasil. hehehe

    BalasHapus
  57. cara ngajak main hamster gmn y?

    BalasHapus
  58. cara ngajak maen hamster ya tinggal diambil saja hamsternya terus lepasin dach di tempat yg luas.. atau di taruh ditangan biar merayap2 si hamsternya. hehehe

    BalasHapus
  59. cara ngebedain hamster lagi kawin sm berantem gimana y?

    BalasHapus
  60. Hamster gw baru ngelahirin 7 ekor!! ini proses kehamilan yang ke 2 setelah proses kehamilan yang pertama gagal total.. (mati smua anak2nya gara2 tertimbun dalam serbuk tebal):((
    trus keknya si jantan ga nyerang sieh nih. jadi gw ga pisah. ga apa kan ya?

    kira2 porsi makanan buat si induk biar bisa ngerawat anak 7 ekor apa aja ya?
    makasih.. ^^

    BalasHapus
  61. @zulfri: bedainnya ya kalo hamster ada yg terluka berarti itu berantem, dan segera dipisah.
    @erick: nggak dipisah gpp kok kalo emg aman, porsi makanan aku nggk prnh ganti kok, ya tetep biji2an klo aku. dan tambah jg kedelai atau touge. kl aq lebih senang pake pasir dari pada serbuk..

    BalasHapus
  62. @marlet : oh pake pasir ga apa ya.. oke deh.. makasih ya sarannya.. hehehe...

    BalasHapus
  63. @marlet : oh ia.. taugenya itu biji nya ajah atau skaligus daunny juga ( maksud nya yang warna putih nya itu loh ) hehehe..

    BalasHapus
  64. @erick: tauge nya ya semua di kasih saja taruh saja di tempat makanannya ntar juga dipilig sendiri sama hamsternya mana yang enak. hehehee

    BalasHapus
  65. Aku punya hamster trus branak 5,,,
    mati semuanya ga tau kenapa
    padahal dah sering banget beranak tapi mati terus

    BalasHapus
  66. aduh aku bingung banget nii
    2-3minggu lalu aku baru dapet hadiah hamster spasang dari pacarku. kandangnya lucu bangett
    pas baru dateng mereka masih kecil" gtu
    skrg dah jadi gembul" bangett
    trus aku bingung napa bbrp hari terakhir hamsterku yang betina tu lesu bangett. tiduuur teruss
    aku dah kawatir
    eh ga taunya hari ini, 8 maret 2010
    dia ngelahirin 2 anak hamster. keciiil bangett haha
    aku kan masih SMA, jadi aku baru tau pas pulang sekolah.. pas perjalanan pulang aku baru kasi tau mba aku supaya yang jantan di pisah.
    eh pas dah sampe rumah, yang idup tinggal 1.

    trus induknya kaya gk perhatian gtu.. aku jadi kawatir banget niii
    harus diapainn?

    BalasHapus
  67. eh hari ini 9 maret maksudku

    BalasHapus
  68. selamat dech untuk mbak nikita, karena hamsternya dah beranak. tapi sekarang lagi kebingungan mo di apain hamsternya agar hidup.. dikarenakan induknya nggak bisa ngerawat. so ya emg nggk bisa apa2.. sifat2 induk hamster bisa dilihat

    http://hobyfarlet.blogspot.com/2009/12/sebab-hamster-memakan-anaknya.html

    BalasHapus
  69. hamster klo hamil msh suka main2 ya??apa gak apa2 buat bayinya??:(

    BalasHapus
  70. o iya...aku lupa...
    aku jg pux jenis platinum campbell...aku piara udah 1 bulanan..
    dulu dia gak prnh gigit tangan aku tp skrg dy suka gigit tangan aku...pdhl campbellku gak diksh kawin...knp yaa???

    BalasHapus
  71. @reika: wah gpp, hamsterku dulu pas hamil ya tetep muter2 roda itu.. gpp itu, mmm... ajakin main terus.. jangan di gangguin kalo lagi tidur :D, terus kalo pegang jangan takut, mending langsung hup tangkap..

    BalasHapus
  72. @marlet: trus bru2 ini hamsterku yg hamil ngeluarin darah d'lubangx...i2 tnda2 mw nglahirin yaa???:)

    BalasHapus
  73. duh gmn caranya ya supaya si induk hamster mw nyusuin lg,, padahal baru aja melahirkan tp semalaman gag disusuin,, huks..huks.. soalnya ank2 hamsternya pernah ku pegang smw.. Tolong kasih solusinya yup..
    tengkyu..

    BalasHapus
  74. @Reika : wah keluar darah dari lubang2nya? mmm bisa2 keguguran itu.. bahaya. hamsterku pernah mati gara2 seperti itu. :(

    @eltya : waduh... harusnya jgn di pegang malah di pegang. gmn ya, mungkin di bersihkan semua kandangnya, dan si anak di taburi bedak atau apa kek biar beda baunya. :D kemudian si induk juga di taburi bedak.. biar sama baunya. mungkin lho ini.. ckkckck karena aku jg nggak tau gmn..

    BalasHapus
  75. Marlet...
    nih anak hamster ku baru lahir, gak tau udah berapa hari umurnya, aku baru tau sekarang, aku bingung induknya yang mana,tapi sekarang aku udah tau yang mana, ku taruh di aquarium kecil, tapi induknya kok nggak kasih susu ya ke anak2nya????
    aku jadi takut anaknya gak bakal di susuin, nanti mati smua

    BalasHapus
  76. @bella: wah selamat ya... semoga bisa hidup dan menjadi besar.. kok bisa nggak mau mnyusui ya..mmm
    apa mgkn itu karena baru pertama kalinya. coba km diemin saja, kasih makan yg cukup dan nggk usah di gangguin.

    BalasHapus
  77. Mau numpang tanya donk, aku beli hamster bersamaan dg pacar aku ya mungkin beda sehari dua hari karna waktu pas beli perempuannya dahulu di sebuah pet shop ditangerang 'hamster campbell' dan baru esoknya aku beli hamster lelakinya ditmpat yg berlainan dg jenis yg sama, yg jadi pertanyaannya, hamster2 pacar ku kini sudah melahirkan sebanyak 13 anak tpi kenapa hamster aku belum menandakan sama sekali klo dia hamil?!tolong dijawab ya apakah hamster juga bisa mandul?!makasih ya?!

    BalasHapus
  78. ciewen

    enakan papa nyaa di pisahinn gak??
    saya takut anak nyaa di makan niee........ kmarnn baru lahir 6
    lok seharii di lihat 6 sampai 7 x gpp khan?

    BalasHapus
  79. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  80. @ciewen: papanya dipisahin boleh nggak juga boleh, tergantung berbahaya nggak kira2.. tp untuk jaga2 lebih baik dipisahin. dilihatin gpp seh, asal nggk membuat stress hamster dan dia nggk ngerasa terganggu. hehehe,, lebih baik biarkan saja.. tar aja kalo dah gede baru diajak main2.. :D

    BalasHapus
  81. alhamdulillah, hehehe hamsterq dah nglahirin, hehehe skg dah ada 5, kayaknya masih nambah deh, aq langsung misahin jantannya sesuai tips yang dikasih, thanks yah
    :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D

    BalasHapus
  82. eum... qu mo tanya nih..
    hamsterku kan beranak 5 nih..
    nah itu udh aku pisah sama jantannya
    terus kok udah dapet 2hari
    induk betinanya makan anaknya ya 1 ekor ?
    kenapa itu ?

    - Shassya -

    BalasHapus
  83. aku baru pertama kali memlihara hamster he he bernak 5 ekor, sayang 2 dimakan induknya (karen sering dilihat2) dan 3 lagi masih bertahan sampai berusia 2 mg ,aku pisahkan dgn induknya krn sdh bisa makan taoge tapi sayang sekali malam hari ke 3 anak hamster dimakan tikus liar dgn mendorong dan membolak balikkan kandang hamster si tikus dpt membuka pintunya...hati hati bahaya laten tikus..

    BalasHapus
  84. akuu gaktau nihh ciri2 hamsterku hamil atau mau melahirkan . tiba2 aja pas aku cek kandangnya mau kasih makan , aku liat udah keluar anaknya , jadi aku gak sempet misahin si jantannya , huhuhu :(
    alhasil walaupun anaknya banyak , pasti lama2 sisa 1 yg hidup . aku gak berani pindahin si jantan kalo hamsterku udah melahirkan ...

    ciri2nya apa kalo mau melahirkan ?

    BalasHapus
  85. hamsterku sepasang, tapi yg betinanya jadi suka gigit ya? aku jadi takut!
    apa dia lagi hamil?

    BalasHapus
  86. @anatasya
    kalo di gigit hamster berbahaya gak?? ad penyakitnya ga? ^^

    BalasHapus
  87. @anastasia: digigit hamster nggak ada penyakitnya kok, tp ya sakir.. kalo berbahaya g jg.. paling berdarah dikit. :D

    @all: kalo masalah ngerawat hamster sepertinya di blogku ini udah komplit tinggal cari saja.. sori g sempat balas semuanya,. waktu sedikit untuk ngeblog. hihihihihi

    BalasHapus
  88. @marlet:kalo hamster di kasih susu bayi boleh ga ya? katanya ada yang jual susu hamster di pet shop ada.. Bener? ;))
    Jawab ya soal hamsterku lagi hamil nih!!

    BalasHapus
  89. :-/
    Ciri-ciri hamster hamil gimana sih?
    Mohon jawabannya...

    BalasHapus
  90. Q jg punya hamster,tp anak ny kok cuma 1 ya?
    pada hal gw pgn ank ny bnyk..

    jenis hamster apa yg gk suka makan ank ny??

    BalasHapus
  91. Jawab dong, kayaknya hamil nih!

    nih pertanyaanya:
    Ciri-ciri hamster hamil gimana sih?
    Mohon jawabannya...

    BalasHapus
  92. http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/13.gif
    ternyata gt

    BalasHapus
  93. ~x(
    x(
    :-L
    :((
    :-t
    :-/
    :-o
    b-(

    BalasHapus
  94. THX so much karna hamster gua lagi hamil:)

    BalasHapus
  95. hamsterku melahirkan 3 eokr anak, 2 jantan 1 betina.tapi ada satu jantan kenapa badannya kecil sekali yah. padahal lahirnya bersamaan.bentuk fisik normal, hanya ukurannya saja yang kecil dibandingkan dgn yang lain. apa itu termasuk kelainan atau apa yah.Masa hamster bonsai :))

    BalasHapus
  96. hamster w hri senin melahirkan 4 tp mati 1 en td mati lagi 1,.pdhl gag dmkan ma induknya,.it kira2 knp y ??
    skrg emaknya cuek aj ma yg msh idup tyusz cara ngdketin emaknya ke anknya gmn y spya anknya di susui ??

    BalasHapus
  97. aku kan baru pertama kali melihara hamster.pas udah ngelahirin anaknya ke mna mna.jdi aku pegang.
    kira kira anaknya dimakan semua gak ya?

    BalasHapus
  98. marlet aku mau nanya lgi,klo anaknya ada yng mati pasti harus cepet di ambil.tpi nanti induknya terganggu gak ya?nanti malah yang lain dimakan lgi

    BalasHapus
  99. tolong dibales ya ka..
    :)

    BalasHapus
  100. aku mau tanya. hamsterku punya anak 5 lalu lama -kelalamaan anaknya tingal 4 dan sekarang tinggal 3. kok bisa ngilang seketika,bikin pusing ajah

    BalasHapus
  101. @satya....
    ku bantu jawab ya..
    mungkin di makan sama induk nya kali,anak nya jgn sekli-kali kmu pegang ya.soal na klo kmu pegang bau na udah beda

    BalasHapus
  102. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  103. kenapa hamster winter white saya cuma lahir 1? apa memang seperti itu? hari pertama sih masih tidurnya dipelukan mamihnya tapi sekarang malah ditinggalin di bawah kertas... ;)) =((

    BalasHapus
  104. anak hamster campbel q udh umur seminggu kq dimakan induknya y? padahal udah bisa jalan sendiri,, trs sekarang winterwhite pearl q beranak 6 umur 3 hari,, gmn byr g dimakan lagii?? padahal ud tak kasih makan por lele/makanan lele (menurut sumber peggemar hamster por lele paling baik bwt hamster). perlu dikasih asupan pa lagi nie?

    BalasHapus
  105. aduh.. banyak sekali pertanyaan yang blm tak jawab. maaf banget karena aku lagi nggk bisa online terus neh.. mgkn kalo tmn2 ada yg bisa bantu jawab boleh saja..
    tapi sprtinya jawabannya udah ada di dalam artikel2 ku yg laennya, cb di cek.. hehhe
    kompi lemot abis.

    BalasHapus
  106. gan, gw juga pgn ternak hamster nih..
    gw liat" hamster gw kyk yg uda puber gtu ..
    uda ckup umur bwt kawin. dan mungkin uda kawin ..
    hehe
    mkasih deh bwt saran agan.
    mudah"an berhasil. dan mudah"an gk terjadi pembunuhan dlm rumah tangga hamster. ngeri bgt gw :((

    BalasHapus
  107. beneran nih
    waktudulu anak hemster ad 11 2 hari kemudian kok jadi 7

    BalasHapus
  108. wahh hamster w bsa ngelahirin 11 ...
    hahahaha tpi yg udah mti 3 ... hiks" ....
    akan w cba smua saran" di atas ,,,
    rovi

    BalasHapus
  109. mbak saya punya hamster, uda beranak 3 , tapi yang hdup tgl 1 , saya ga tau bsa mati , dia ga d makan , tapi pas dia mati, lansung kaku badannya , ibunya ga mau nyusuin anaknya.
    knpa bsa gitu ya?

    BalasHapus
  110. mbak saya punya hamster, uda beranak 3 , tapi yang hdup tgl 1 , saya ga tau bsa mati , dia ga d makan , tapi pas dia mati, lansung kaku badannya , ibunya ga mau nyusuin anaknya.
    knpa bsa gitu ya?

    BalasHapus
  111. pokoknya kalo anak nya pada ilang, berarti dimakanin sama mamake ..

    BalasHapus
  112. @rindu: ane bukan mbak mbak lho ya... :p kalo nggak mau menyusui mungkin si induknya stress kali karena sering dilihatin terus
    @erland: betul betul betul...

    BalasHapus
  113. hamster saya baru melahikan,baru kelihatan 2 tapi pas baru dilahirkan yg ke 2 nggak gerak gerak,kalo yg pertama meronta ronta,itu betul nggak sih?

    BalasHapus
  114. cm mau share nih ntah ini udah ada yg komen apa blm soalnya yg komen banyak
    menurut pengalaman saya aja nih
    kalo anak hamsternya terlanjur dipegang
    alhasil si induk stres gendong anaknya kesana kemari
    mending di taruh di tempat gelap(bukan kandangnya yg ditutupi, ntar susah nafas)
    Insya Allah anaknya gak dimakan ibunya
    :)

    BalasHapus
  115. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  116. Hamster saya baru melahirkan beberapa menit lalu dan ini kelahiran pertamanya. Anaknya ada 4. Sekarang sedang ditaruh di pojokan kamar yang agak gelap dan di sekeliling kandangnya diberi kardus berongga yang tidak terlalu tinggi untuk meredam suara. Semoga semua bayinya selamat ^^

    BalasHapus
  117. Mantaps nih tipsnya,,, biar anak hamster gak pada76nmhjyu mati,, oke sob,,,

    BalasHapus
  118. laira munandaina11 April 2011 20.21

    LAIRA
    o..oh... :{

    BalasHapus
  119. michell putri anjani11 April 2011 20.27

    :-L

    BalasHapus
  120. pantas saja hamster ku melahirkan dann anknya di makn induknya smua ternyata sy salah mrawatnya......~x(

    BalasHapus
  121. aduh mas/mba saya udah lakukan semua perintah mba/mas yang di atas, tapi ko mati semua anaknya, pertama melahirkan 7 eh pas hari ke 5 pas saya periksa ko gk ada satupun anak hamster, kenapa ya ?
    padahal makanannya ada ko, trus blum pernah saya pegang. Mohon bantuannya.....:(

    BalasHapus
  122. farhandi MP 6D/B SDN RSBI RAWAMANGUN 12 PG
    THANK'S ATAS INFONYA.mas/mba aku pnya hamster campble jnis normal.jnis klaminya betina.trus aku kawinin hmster itu.pas lahiran,ternyata ia cuma melahirkan 1 anak saja.trus seminggu kmudian anaknya mati.knapa bisa begitu y,apakah kurang subur or mandul?tolong kasih tips agar hamster beranak banyak.soalnya aku mw beternak hamster.trims.

    BalasHapus
  123. nengbrina sachi31 Mei 2011 12.36

    : saya mau tanya,, kalo setelah melahirkan jantan sama betinanay dipisahkan saya baik atau tidak ?

    BalasHapus
  124. aku mau tanya nih.kmaren malem hamsterku ngelahirin 9 anak.trus tadi keluar darah dari anusnya banyak bgt sampe si induk akhirnya mati (mgkin gara2 pendarahan kali ya?) :((
    terus anak2nya ini skrg masi hidup.tp aku bingung gmn cara ngerawatnya,takut ntar malah mati soalnya gak ada induknya.
    tolong bantuannya ya :(

    BalasHapus
  125. @rodi: berari emang hamsternya nggak bisa merawat tuch.. :D karena semuanya sudah dijalankan seperti sebagaimana semestinya.
    @farhandi: kalo mau beternak hamster ya beli indukan saja yang sudah terbukti beranak banyak, karena kan memang setiap hamster tch beda2 jumlah peranakannya.. :)
    @nengbrina: lebih baik dipisah untuk menghindari hal2 yang nggak diinginkan.

    BalasHapus
  126. bro anak hamster jenis panda sekitar 1 bulanan gt di kasih makan apa yg bagus ??? soalnya kemaren baru bl 1 pasang.. hehehehehe (thank's)

    BalasHapus
  127. @kevin: kalo umur baru 1 bulan, dikasih kacang2an saja, kasih tauge, dan biji2an... sebenarnya seh sama saja kayak yg sudah dewasa.. :D

    BalasHapus
  128. hey ak puadt..ni hmster qu bru aja nglhrin 7..itu yg bpk gak makan anaknya pdhal itu si anak bukan darah daging dari si bpak itu..seharusnya yg bpk di pisah apa gak ??

    BalasHapus
  129. @puadt: kalo memang dirasa tidak membahayakan ya nggak usah dipisah.. cuma harus diawasi dulu sampai mgkn 3 hari kedepan, sekiranya ada yang dimakan mendingan langsung di pisah.

    BalasHapus
  130. Hamsterku kan lagi hamil kalau aku pisah sama yang jantan nanti bisa disatuin lagi gak ya soalnya punya temanku ga isa disatuin lagi malah berantem tuh

    BalasHapus
  131. tadi pagi hamster ku melahirkan anaknya ada 9

    tpi ada 2 yg dimakan sama induknya satu tinggal kepala satunya habis semua....Hiks3

    aku coba pisahin induknya sama anaknya, tapi aku kasian sama anaknya gak bisa nyusu

    trus aku gabung lagi sama anaknya tapi dia marah dan nginjak2 anaknya.....


    gimana dong?
    mohon di beri saran......

    BalasHapus
  132. @rani: kamu jelas salah kalo misahin induk sama anaknya... dan ketika kamu balikin lagi sama induknya ya sudah pasti induknya akan stress dan bingung makanya keinjek2... coba dech baca2 lagi artikel di blog saya, mudah2an bisa membantu.

    BalasHapus
  133. kak , gimana ya ciri-ciri hamster yang hamil itu selain dia gendut ? soalnya hamsterku perutnya gendut dan sekarang jadi pendiem , sebelum gendut dia selalu aktif main di roda-roda yang ke puter-puter itu ... di jawab ya ..

    BalasHapus
  134. @aneth: coba cek di

    http://hobyfarlet.blogspot.com/2009/05/tanda-tanda-hamster-hamil-dan-mau.html

    BalasHapus
  135. .hamster gu baru lahir nih, bapak.a dpisahin atau ga ? soal.a ada yg bilang dpisahin aja , kecuali ibu.a jgn dpisah sma anak2.a ?? makasih ..

    BalasHapus
  136. kok hamsterku beranak 3 ya ??? gimana caranya biar anaknya banyak ???

    BalasHapus
  137. @imania: sudah banyak pertanyaan tersebut.. silahkan dicari saja.. (intinya tergantung kondisi)
    @:andityo: aku juga nggak ngerti gmn caranya, pelihara saja dengan baik.. sya yakin kalo sudah beranak maka baklan beranak terus.. dan cepet berkembangbiaknya.. selamat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mau tanya kalo hamster umur 1 bulan bisa hamil gak ya.. jenisnya syrian

      Hapus
  138. mas mau tanya. kalo hamster ku beranak, trus ada yg mati 1, yang mati itu harus dibuang apa dibiarin di situ aja terus ?? kalo dibiarin ada efeknya ke anak2 yang laen gag ?? mohon bantuannya.

    BalasHapus
  139. kalo dikasih taoge emangnya bisa beranak banyak ta ???

    BalasHapus
  140. @aji: ya lebih baik dibuang saja anak2nya yang mati... tapi biasanya pas mati gitu induknya langsung memakan yang mati tersebut.. cuma ya nggk semua begitu.

    BalasHapus
  141. waktu itu hamster saya melahirkan 6 anak abis itu gak sampe seminggu semuanya dimakanin ibunya padahal gak mati.. eh sekarang melahirkan lagi.. gimana ya supaya gak dimakan lg? X(

    BalasHapus
  142. blh ga anak ma induk gw liatin tp di intipin?

    BalasHapus
  143. tiara,blh ga nih ditutupin kandang nya pake tas plastik warna item ?
    truz blh ga kasik lubang dikit aja untuk ngintip anak ma induk?umur anak hamster qu baru 2 hari.

    BalasHapus
  144. hamster q lair tnggal 19, tp baru 15 hari aq ngitungnya aq pgang pake tngan, itu boleh ngga sih?, trus stelah itu anaknya itu langsung d pisah atau masih d taruh satu kandang sama induknya?, aq takut anaknya dmakan pdahal tnggal 1 gara2 d makanin terus slama 15 hari itu,, :(

    BalasHapus
  145. Riska Dwi Anjani mengatakan...

    boleh gk klo misalkan bpk ma ibu'a d gbungin? klo bpk'a suka makan hamster gimana?

    BalasHapus
  146. hafiz mengatakan

    hamster ku udah branak 3,didalam kandangnya itu ada makanan yang udah kadaluarsa/brjamur.. gimana nih cara ngatasinya..apa gak brbahaya buat bayi hAMSTter nya? mohon jawabannya.

    BalasHapus
  147. Mauizatul mengatakan..

    Hamster ku ngelahirin anak 6 ekor, ttapi bbrapa hri kmudian induk x mati, trus, gimana dong ke-6 anak x ini, gmana nasibx, pdahal umurx blum smpai sminggu, dan msih perlu disusui oleh indukx?

    BalasHapus
  148. Hi nma ku annisa,,
    hari ne agku uga ge brduka krna pociL (anak hamsterku) yg brumur 4 hri uda d'makan ma induk na .. huhuhu

    BalasHapus
  149. hamster aq semalam udah (gitu-gitu) yg betinanya
    kayak tegang gitu,,jantannya diatas lagi ngigit pundak betina,,,berarti itu kawin yaaaaaaaa???

    BalasHapus
  150. thanks infonya,btw baru satu minggu ini aq punya bayi hamster,alhamdulilah masih hidup semua..

    BalasHapus
  151. oh iya!!!!

    hamster aku kok berantem terus yah setelah melahirakn???

    padahal cowo sama cewe nya sebelum melahirkan akur2 aja tuh!!!

    boleh minta saran gk buat mempersatukan mereka kembali

    BalasHapus
  152. wilda says:
    klo hamster w.,.,.
    baru lahir 7, mati 3 karena di gerumunin semut,,,,
    sisa 4 di gabung sama induk aja,eh di makan ma induk 1,gmn ni???yg mati di pisah or di diemin aja?cz klo di ambil,tkt si induk merasa terganggu,
    ni baru hari pertama
    thx y

    BalasHapus
  153. OK deh, makasih Gan atas sharenya,, Beberapa waktu lalu liat Hamster tetangga, jadi pengen :( ,

    Salam super - LUKISAN ABSTRAK MODERN. :)

    BalasHapus
  154. novian budi setyanto
    hamsterku hari ini ngelahirin anak 6 ekor . la aku takut kalo tempat nya kekecilan soalnya beranak nya pas di ember . la kalok tak pindah ke aquarium yg lebih besar boleh nggak ?
    tapi aquarium nerawang nggak gelap . gimana solusinya ?
    trima kasih sebelumnya .

    BalasHapus
  155. hmstr sya skrg lg hmil,.mgkn umurnya udh 1 mggu,.br ketauan kmrn klo prutnya bncit lg,soalny sblmny udh brnak 7,tp yg idup cm 1,.
    baiknya gmn y??sya tkut ntar yg idup g smuanya lg,.1 kndang tu ada yg 1 btina yg lg hamil,1 jntan sma 1 ankny,.yg mnding d psahin yg mnanya??kbru nglahirin ni,.
    mksh,

    BalasHapus
  156. hmstr sya skrg lg hmil,.mgkn umurnya udh 1 mggu,.br ketauan kmrn klo prutnya bncit lg,soalny sblmny udh brnak 7,tp yg idup cm 1,.
    baiknya gmn y??sya tkut ntar yg idup g smuanya lg,.1 kndang tu ada yg 1 btina yg lg hamil,1 jntan sma 1 ankny,.yg mnding d psahin yg mnanya??kbru nglahirin ni,.
    mksh,

    BalasHapus
  157. Kalo hamster jantan yang gak dipisaiin pas hamster betina ngelahirin itu hamster jenis apa ?

    BalasHapus
  158. mau tayak nich,,tadi pgi hamsterq melahirkan 2 ekor,,trus siangya 2 ekor tpi ad yg dmakan am ibuya,truz sorelahir lg 2,,ehh da yg dgigit ampek mati,,trus skrng ting2l 2,itu aj udh mau mati,, soalya aq kawatir,jd tk liatin truz,,gmana dong solusiya,,

    BalasHapus
  159. maaf mau numpang tanya dong, hamsterku melahirkan pas malem-malem tgl 25 desember ini, dan belum sempat aku pisahin sama yang jantan. waktu aku tau kalo yang betina udah beranak aku mau pindahin yang jantan, tapi begitu tak pindahin, yang jantan malah jadi agresif gitu, seolah dia yang ngelahirin bayi-bayinya. akhirnya ya nggak tak pindahin. dan untungnya yang jantan juga nggak makan anaknya. nah, kayak gitu nggak papa kan? terus, kok ibu hamsterku tidur terus ya? nggak masalah kan? dia makan dikit banget dan lebih banyak bobok sama anak-anaknya. itu aja. makasih :)

    BalasHapus
  160. saya mau tanya. hamster saya baru saja melahirkan anak tgl 1 januari kemarin. si induk itu kalau menyusui anaknya itu selalu tidur diatas anaknya. terus kalau sedang pergi si induk hamster selalu menutupi bayinya itu dengan biji bunga matahari yang banyak. saya sampai repot memisahkannya. apakah itu tidak berakibat buruk bagi si bayi hamster? saya takut si bayi hamster tidak bisa bernafas. itu saja. terimakasih

    BalasHapus
  161. Hamsterku 5 hari yg lalu melahikan 6 bayi,sampe skrg bayinya msh sehat2 aja,cuma mati 1 ke injek ma aku :( gk tau knp sampe bayinya keluar kandang,mgkn krna induknya taruh anaknya di rmh atas jdnya anaknya gerak2 sendiri trus jatuh deh di sela2 kandang, kasihan bgt sampe penyet gtu pas ke injek :'( ngerii deeh ​(-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)

    BalasHapus
  162. hamsterq nglahirin ada 6 ekor.hidup semuanya n uda pada gede n gembul2.eeeh wktu aq cek,enam2nya cewek smw. dua diantaranya ganas gitu,suka ngjk brntem yg lain,yang dua sih kynya hamil n menunjkn ciri2 diatas.yg dua ganas itu apa aq psahin aja dgn yg lainny y?>,<

    BalasHapus
  163. Aq boleh bantu jawab y kak marlet. =)

    @Steven: brdsrkn pnglmnq emng kdang2 ada induk yg menyusuhi sambil tidur diatas anaknya,itu spy anaknya tetep hangat.dulu induk hamsterq jg bgitu dan keenam anaknya skrng udah pada gede n ada yg uda bunting malah.untng deh stev kynya induk hamstermu punya sifat keibuan n bsa mrwt anaknya dgn baik.klu mslah g bsa nafas,y pastilah indukny memperkirakan sedemikian rupa shngga anaknya g smpai sesak nafas.itu memang tingkh alaminya.^^jd g usah khawatir.

    BalasHapus
  164. @aime: thanks dah bantu jawab..
    kalau ada yang galak gitu mendingan dipisahin saja, pengalaman ane bisa jadi membuat yang laen nggak tenang dan bhkan punya ane ada yang mati gara2 dihajar sama yang galak.. walaupun sama jenis tapi watak pasti beda. semoga membantu

    BalasHapus
  165. Berita duka,telah mati enam ekor anak Hamster milikku karena dimakan /digigit induknya sendiri,tragisnya bukan cuma anak-anaknya yang mati,bahkan bapaknyapun ikut mati karena diserang oleh istrinya sendiri,....sekarang hamster induknya sendiri,tanpa anak dan suami,...

    BalasHapus
  166. 2 pasir yang digunakan pasir apa???
    Apakah pasir biasa , pantai / , apa???

    NYOMAN

    BalasHapus
  167. dietzgo forlan9 April 2012 22.55

    klo di pisahin yang jantannya aja gimana tuh??

    BalasHapus
  168. Omm marlett.
    Hamsterku yg pertama nih udh melahirkan, trus kan kata kawanku musti ditutup tuh. Nah, udh ak tutupin ntuh kandang pake kantong merah. Atasnya ak bolongin biar ada udara gitu. Trus di tengahnya ak bolongin dikit buat ngintip. Kalo ngintip boleh kaga om marlet?
    Anaknya dilaporin paz ane skolah sih 7. Tapi pas ane itung cuma ada 6 kayanya. Apa ilang 1 ato org ntu yg salah itung ye? Trus pas pagi tu melahirkan ane kaga tau, smalemnya ane kira dia banyak makan makanya jadi buntel gitu. Pas pagi ane diteriakin punya cucu sama mama ane. Si bapa bru dipisahin pagi itu. gpp kali yah om marlet? Makanannya dih ane kasih biji bijian sama kuaci doang. Boleh suapin makan ga ke induknya yg lg nyusuin?

    BalasHapus
  169. kalo si ibu hamsternya males2an itu salah satu tanda hamil gk ya?

    BalasHapus
  170. Aq jg punya hamster misiL,yesha dan jaLU.
    Nah,si misiL ne bru ngLAhirin 6 ekor 3 hr LaLU. Hari prtama mati 2, hr ke dua mti 2 Lg,hr ke 3 mati Lg 1 ...T_T
    Hr ni brusan dah mati Lg sisanya..kasian MisiLnya bayinya udah mati tp tetap aja dpeLuk..T_T (gakda 1pun yg dmakannya) duhh...kapan yah hamiL LG..Biasanya sampe umur brapa sih hamster bs hamiL Lg..?

    BalasHapus
  171. assalamu'alaikum
    permisi mau numpang tanya.
    gmna ya cara membedakan baby hams perempuan n laki''. soal.a aku mau kash nama tp bngung takut ketuker nama.a. makash :D

    BalasHapus
  172. assalamu'alaikum
    permisi mau numpang tanya.
    gmna ya cara membedakan baby hams perempuan n laki''. soal.a aku mau kash nama tp bngung takut ketuker nama.a. makash :D

    BalasHapus
  173. assalamu'alaikum
    permisi mau numpang tanya.
    gmna ya cara membedakan baby hams perempuan n laki''. soal.a aku mau kash nama tp bngung takut ketuker nama.a. makash :D

    BalasHapus
  174. kl kawin silang bisa ga?ada yg pernah berhasil?

    BalasHapus
  175. hamsterku baru melahirkan 8 baby:) tapi kok induknya kayak mau keluar kandang gtu ya ? anaknya ga disusuin...gimana dong>

    BalasHapus
  176. saya memelihara hamster tapi anaknya dan induknya di pegang-pegang adik saya terus.bagaimana ini apakah hamsternya akan mati?????

    BalasHapus
  177. Hamsterku lepas,eh tau-tau balik udah buncit.
    Di cabuli sama tikus apa ya?

    BalasHapus
  178. Min hamster ku baru beranak tadi pagi ada 7 eh pas sore aku liat tinggal 5 :(:(:(:(:"(:"(
    ini baru yang pertama si, terus induknya juga nindihin bayi2nya, terus kadang2 dia suka salto gitu. itu gak papa? apa setress? huaaaaaaa gimana dong ni :(

    BalasHapus
  179. Mas, hamsterku bru lahir tdi siang.. Aq bingung.. Kta'y klo hamster biz lahir gk boleh dliat2.. Truz gmana cra ganti aer ma mkanan'y?! Mhoon bantuan'y..

    BalasHapus
  180. mau tanya dong min.. klo hamster maksimal brapa kali branak yah ?? soalnya hamster ku udh beranak 3 kali dan hasilnya lumayan bagus.. dia udah ngumpulin 23 ekor.... tapi ini dia branak lagi min..

    BalasHapus
  181. gan saya punya hamster udah ngelahirin 3 ekor eh besoknya induknya mati. minta tif dan trikny donk cara ngerawat bayi hamster yang ditinggal mati induknya coZ aq bingung nih ngerawatnya...???

    BalasHapus
  182. hamster aku bandel kalo dikasih mainan roda2an..
    teruuus aja main disitu, bab n bak juga disitu, kadang malah tidur disitu juga..
    jadi lah bulunya kotor banget, bau lagi..
    sekarang kandangnya ga aku kasih mainan,terus rajin aku mandiin tiap hari pake pasir yg wangi itu..
    n mereka pengganti main roda2an malah manjat2 n gigit2 kandang mereka..
    yang betina dari hamil sampe udah ngelahirin aktif banget manjat2 terus..
    gpp tuh mba?
    oia, tgl 5 agustus kmrn, hamster aku melahirkan 7 anak, sekarang tinggal 5, berkurang tanpa ada bekas..
    kalo kata temen aku, mungkin emang udah mati, terus dimakan induknya..
    emang sih kemarin pas masih 6 ada yg paling kurus n paling lemah 1 ekor, terus tadi pagi udah ga ada.
    gimana tuh?

    BalasHapus
  183. kalau hamster yang lg melahirkan mau di kasi makan apa?

    BalasHapus
  184. terima kasih atas infonya
    salam sukses
    http://gunung-air.com/

    BalasHapus
  185. hamster saya kenapa bisa beranak yah padahal cowoknya udah hilang 3mingguan.

    BalasHapus
  186. Bayi hamster boleh disatuin sama ibunya sampe gede gak sih?

    BalasHapus
  187. Mau menambahkan info..
    Sesuai pengelaman sy mengenai hamster melahirkan..
    Baru aja 2 minggu lalu hamster winter sy melahirkan untuk yg pertama..
    Sbenarnya merawat bayi hamie itu gampang, asalkan kita sudah pedekate (pendekatan) sama induk nya..
    Terbukti ktika anak nya yg masih merah sy pegang", alhamdulillah sampai skrg masih idup semua..
    Cara pedekate nya, ktika masih induk nya masih kecil sering kita pegang, fasilitas, dan makanan nya pun musti kita jaga..
    Jantan nya pun ga perlu dipisah..
    Intinya sih itu, gimana kita pedekate sama induk"nya, dan jaga makanan mereka supaya ga kurang..
    Oh iya, hamie menyusui lbih bnyak minum ! !
    Ada bayi yg tiba" mati, mungkin bayi itu emang ga bisa strugle atau ga bisa tahan hidup, ada jg induk yg ga bisa jaga anak..
    Tapi coba deh buat mereka nyaman, dengan pedekate itu..
    Untuk bangkai bayi dalem kandang, sbaik nya jgn di buang, soalny itu sumber protein untuk induk hamie nya..
    Tapi ga tega jg sih liat nya..hehehe
    Sama sih biar hamster camble jAdi jinak, pedekate nya musti dr kecil..
    Sy blum nemu cara biar hamster Robo jadi jinak dan ga lari" kalo di pegang..
    Smoga bisa bantu deh.. :)

    BalasHapus
  188. permisi mo tny.
    hamsterQ dah lama KoK g hmil" ya.
    iri Jdiny.

    BalasHapus
  189. gan aku dikasih hamster yg baru lahir sama sodara cuma induk sama anaknya 5 ekor tanpa bapanya . Setelah 2 minggu si induk berantem sama anaknya sampe si anak berdarah2 terus aku pisahin . Seminggu setelahnya induknya malah mati pas malemnya anak nya ada 1 yg mati gara gara dimakan sama anak yg lain .
    Kenapa anak hamster makan hamster yg lain yah ?
    padahal belum berumur sebulant.

    BalasHapus
  190. hamsterku nyokotan ew kemaren tangan aku smpai berdarah solusinya gmn gan..???

    BalasHapus
  191. Hamsterku Beranak 7, sayangnya lahiran gak ketahuan (malam hari) pas pagi2 baru ketahuan, dah mati 6 ekor dimakan bpknya, kmd 1 ekor+induk sy pisah, syangnya lagi induknya hilang (ada yg gondol x), jadi piatu dah itu anak hamster, dah 6 hari anaknya saya kasih susu kaleng, sampe skrg masih dan dah tumbuh bulu (repot juga sih harus ditetesin/suapin susu tiap waktu.

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar anda,..

cara berlangganan artikel blog ini

Untuk berlangganan, masukkan email anda kemudian klik OK > masukkan code dan klik complete subsciption request >> cek email dan klik link aktivasinya

Delivered by FeedBurner