31 Maret 2009

Home » » KEBIASAAN HAMSTER CAPMBEL

KEBIASAAN HAMSTER CAPMBEL

Kebiasaan hamster berbeda beda menurut jenis hamster itu sendiri, ada hamster yang pemalas, ada yang gesit tetapi ada juga yang lincah. Tetapi saya hanya akan membahas jenis hamster yang saya peihara sendiri yaitu hamster tipe campbel.

Mungkin hampir mirip kali ya tentang kebiasaan tiap hamster, tapi karena saya hanya

memelihara hamster campbel maka saya akan kasih tau kebiasaan hamster cambpel. Adapun kebiasaan hmaster ini adalah:
1. Hamster campbel itu menurut saya dia lincah banget kok, ukurannya pun mini banget dan lucu. Tetapi hamster ini hanya akan bergerak atau melakukan aktifitasnya pada malam hari.
2. Pada siang hari hamster ini lebih suka tidur dan ngorok, hehe emang bisa ya.. terus pada sore hari sekitar pukul ± 17.00 maka hamster ini akan bangun dan melakukan aktifitasnya sampai pagi. Nah, apa saja she aktifitas hamster?
- Dia akan mencari makan
- Dia akan bermain kesana kemari, jika ada roda2 (puteran/baling2) pasti dia akan bermain sampai pagi hari. Jadi usahakan mainan hamster itu yang nggak berisik, karena dia bakal melek terus sampai pagi hari.
- Dia pengen keluar kandang jika nggak ada mainan (roda2) didalam kandang, dan ini terjadi dulu pada hamsterku, dia bener2 terlihat stress karena selalu cari lubang untuk keluar. Tetapi setelah saya kasih puter2an dan dia sudah bermain, ya dia dah nggak pengen kabur lagi.
3. Suka menggigit, tapi gigitannya nggak mengandung rabies kok.. dan nggak sakit. Masak seh?? Iya… tapi ada juga hamster jenis ini (campbel) yang mau menggigit sampai berdarah. Ya itu semua tergantung sama pemiliknya she.. maksudnya si pemilik bias membuat hamster jinak apa nggak..
4. Kalo kencing pasti ditempat yang sama, artinya bahwa hamster itu mempunyai kebiasaan yang bagus juga. Dia pasti akan kencing pada tempat yang banyak mengandung air kencing.. berarti dia nggak jorok kan?hehehe
5. Hamster yang sehat maka dia akan lebih banyak bergerak, terutama pada malam hari.
6. Hamster sudah pasti akan mengerat (dalam bahasa jawa ngrikiti) semua bahan yang ada, jadi usahakan sebisa mungkin kalau kandang beserta isinya itu terbuat dari bahan yang tidak mudah di makan sama hamster. Alias yang keras2.. hamster melakukan ini karena katanya gigi hamster itu selalu tumbuh terus dan terus memanjang. Makanya dia akan selau mengerat selama hidupnya supaya giginya tidak panjang. Bias dikatakan dia itu mengasah giginya.. dan apa akibatnya jika gigi hamster tidak diasah?? Maka dia akan suka menggigit jika dipegang. Itu salah satunya..
7. Suka memanjat dinding, jadi usahakan kandang hamster itu yang rapat, dalam arti pastikan hamster tidak mungkin keluar dari kandang dengan mempunyai kandang yang tertutup rapat. Tapi kandang juga harus yang jaring2..

8. Tidurnya sering di pojokan kandang, dan rame2 sama temen2 hamster yang laen, karena pasti hamster mencari tempat yang hangat jika tidur. Makanya kandang harus ada alasnya, supaya tetep hangat. Alas bias berupa pasir atau serbuk kayu..
9. Suka mengumpulkan makanan didalam pipinya, dia akan banyak mengumpulkan makanan yang banyak untuk persediaan nantinya jika ternyata makanan di kotak makan yang kita berikan habis.. jadi jangan takut jika kita kasih makan terus pakan di tempatnya langsung habis, karena pasti hamster simpan di pipinya..
10. Suka bercanda dengan hamster yang lain, seperti kucing.. apalagi yang satu peranakan. Tapi kita juga harus bias membedakan mana bercanda mana bertengkar.. karena hamper sama.. tapi yang jelas kalo bertengkar pasti ada salah satu yang kalah, dan dia akan lari karena di kejar2 sama yang menang. Begitu seterusnya.. dan kalau sudah begini maka kita wajib memisahnya.




Terima kasih telah berkunjung di www.hobyfarlet.blogspot.com serta membaca artikel: KEBIASAAN HAMSTER CAPMBEL

ARTIKEL BISNIS TERBARU


Artikel Terkait Lainnya Seputar:



26 komentar:

  1. Marlet... Saya mau tanya... Pakan hamster itu baiknya kalau belum habis... Diganti atau dibiarkan???
    Kalau di biarkan, dibiarkan berapa lama?
    Terima kasih sebelumnya atas infonya

    BalasHapus
  2. bagus juga, saya punya hamster jenis robot, lumayan lincah,dan jinak.. makasih ya infonya

    BalasHapus
  3. @neefia:
    diganti paling lama ya 3 hari lah, atau biarkan saja sampai habis. kalo bukan makanan yang mudah busuk ya gpp.

    @reza:
    iya thx juga dah berkunjung,. sangat senang jika tulisanku bermanfaat

    BalasHapus
  4. aku mw tanya dunk...
    hamsterqu jenis capmbel...lain jenis ce n co tpi kok berantem yah..
    pdhl awlya akur2 az..tu knp yach!!!
    ~x(

    BalasHapus
  5. @Anonim: mmmmm, punyaQ dl jg sempat gitu seh.. mgkn itu lagi hamil. karena biasanya kl lg hamil tuch jd sensi, and bawaanya stress...
    b-(

    BalasHapus
  6. mw tanya dunk...
    koq hamster aq y9 cowok a9ak2 penakut n traumatis 9t...trs klo di pe9an9 9t iia...sk teriak2 9t...
    knp iia itu iia?? b-(:L

    BalasHapus
  7. weh.. @myu. kok teriak2 kenapa itu.. mungkin megangnya kekencengan kali. hehehe.. biasakan bermain dengan itu hamster biar hamsternya nggak takut.

    BalasHapus
  8. kak marlet, mau nanya..
    gimana caranya bedain hamster yg jantan dengan yg betina? oh ya, aku baru dibelikan 1 ekor hamster jenis campbell seperti kakak, tapi ya itu.. aku ga bisa tau hamster punyaku tuh jantan/betina?

    BalasHapus
  9. @marlet
    Q mau tanya dong
    kok hamsterku yang jantan tidur terus tapi kalok minum ama makan dia biasa ajah. tapi kok tidur terus kenapa ya ?.kok engak mau maen ama hamster yang laen????. lama-lama dia jadi gendut deh

    BalasHapus
  10. permisii. mau tanya doong. aku punya 4 hamster. 1 hamster campbell ( cwo ) yg laennya syiria ( 2 cwe 1 cwo ) tdnya yg hamster syria yg cwe mw kugabung sma yg campbell soalnya dia tinggalnya sndr trus dia itu qalo dipaegang sdkt lngsng nyakar trus gigit. pkoknya pnakut bgt deh. dideketin sma hamsterku yg lain aja di lngsng jke pojokan trus qalo di sentuh lngsng nyakar. kan jdnya aku takut gabunginnya. walopun udh sring kugabungin ttp aja bgtu. sma papaku ska ditaro di tangannya soalnya dia jinaknya sma papaku doang. itu pun ga mau dipegang cuma tmpt alas diri doang. jd solusinya gmn ya biar hamsterku yg campbell bsa gabung sma hamsterku yg laen trus jd jinak? btw, hmamsterku yg itu jg udh prnh mkn tmnnya yg mati lho. aku smp shock liatnya. mulutnya sma lehernya udh ilaang. iiih D;

    BalasHapus
  11. kak aku masih ragu membedakan hams cowok dan cewek,
    ada gak perbedaan sifat antara cowok dan cewek agar lebh mudah diamati :D
    tq be4

    BalasHapus
  12. mau tanya nih gmna cra bedain yg jantan atau betina??jwb ya

    BalasHapus
  13. @ita And Anonim : perbedaan hamster cowok dan cewek sudah saya posting di http://hobyfarlet.blogspot.com/2011/03/cara-membedakan-jenis-kelamin-hamster.html

    BalasHapus
  14. @nisa: sepertinya emang kebiasan hamster cambel ya suka gigit dan cakar.. cum kalo dari kecil sudah di biasakan di peganag itu beda ceritanya. nah itu sama papa km nggak nyakar, berarti dia sudah ngerti bau tangan orang yg baik dan jahat. =)) untuk solusinya, mgkn sering - sering saja diajak maen sm km kalo supaya biar nggk berantem sama yang laennya mgkn di artikel http://hobyfarlet.blogspot.com/2010/01/tips-agar-hamster-tidak-berantem.html bisa membantu. :D

    BalasHapus
  15. Oh ternyata begitu, izin2 baca ya sob, buat nambah wawasan za,,,

    BalasHapus
  16. Halo Marlet, perkenalkan saya Alvin
    Saya mempunyai 3 Hamster 1 co jenis campbell dilute, 1 golden red eyes ce, dan 1 lagi winter white rusia ap gt ce saya tempatkan 1 kandang semua.
    Kandang saya bentuknya lingkaran dari plastik, ada tempat toilet dan utk minum lalu roda utk lari, rumah, dan tangga utk ke tempat makanan. Toilet dan tempat minumnya merupakan additional jadi tambahan di samping kiri dan kanan. Bentuknya seperti lorong lalu jika maw minum hamsternya tinggal menengadah ke atas sperti itu.
    Yang saya mau tanyakan di sini :

    1. Hamster saya yang campbell itu klo tidur kq serbuk kayunya suka diminggirkan semua ya jadi tinggal dasarnya kandang plastik tsb saja ya? Bagaimana cara agar dia maw utk tdr di ats serbuk kayunya, karena menurut saya serbuk kayu tersebut sangat penting utk menyerap pipis/babnya?
    2. Sama sperti pertanyaan di atas, kan tempat minum hamster di kandang saya seperti bola dan hamsternya tinggal menengadah ke atas utk jilat ujungnya tsb, seringkali air minumnya menetes di bawah dan juga dijadikan tempat utk bab, sehingga saya kasih alas serbuk kayu di sana, sebelumnya saya tidak kasih tetapi saya lihat selalu kotor, saya takut hamster tersebut kena penyakit gara2 kurang bersih, bagaimana caranya supaya serbuk kayunya tidak diminggirkan?
    3. Hamster saya setelah saya beli pada hari hari pertama di kandangnya dia aktif sekali pada malam hari, tapi skg kq tdk begitu aktif ya? Padahal dia suka sekali main roda'nya itu pada hari pertama, skg sudah jarang dan kebanykan dibuat utk tdr, knp ya?
    4. Utk makanan hamster, hamster2 saya suka sekali makan kwaci/biji bunga matahari, mereka selalu makan itu2 saja, saya baca di web2 di internet katanya klo kebanykan hamster bisa overweight dan mandul, apakah benar? Bagaimana caranya supaya dia dapat makan makanan yang lain, sperti pelet yg warnanya hijau dan coklat, padahal saya beli makanannya itu sudah campuran dari pelet, jagung, kwaci/biji bunga matahari, dll ?

    BalasHapus
  17. 1 lagi, tidak apa2kah jika saya menaruh 3 hamster sekaligus tsb di dalam 1 kandang?
    Sekian, Thx.
    Alvin

    BalasHapus
  18. Its like you learn my mind! You seem to know so much approximately this, such as you wrote the book in it or something. I believe that you just could do with some % to power the message home a bit, however instead of that, this is fantastic blog. An excellent read. I'll definitely be back.

    BalasHapus
  19. Hamsternya aku makan.hmmm yumi

    BalasHapus
  20. Tanya donk ,,klo aku kan punya hamster 4 sepasang semua nah pas aku udah taruh di kandang nya terus aku mau elus elus tapi dia malah ngeluarin suara suara mencicit gitu ...itu bisa digigit gk ...dan gimana cara jinakin nya ya ?

    BalasHapus
  21. Eh wajar agk sih hamster tidur pada malam hari? hamster gw aneh nih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, hamsterku juga tidurnya malam wkwk

      Hapus
    2. Sama hamster Saya juga tidur pas malam jam 18.00

      Hapus
  22. Mau nanya nih, hamster aku bawaannya mau tidur mulu makan pun juga kurang, dimana dia berenti berjalan selalu tidur, itu kenapa ya?

    BalasHapus
  23. Hamster saya yang betina suka nya main kadang minum kadang tidur dia gak suka makan

    BalasHapus
  24. Mau nanya ni..hamster saya suka manjat tinggi2 terus jatoh..trs suka kabur gitu gimana ya solusinya biar gak sering manjat ..padahal udah ada mainan kincirnya kandang nya jg luas

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar anda,..

cara berlangganan artikel blog ini

Untuk berlangganan, masukkan email anda kemudian klik OK > masukkan code dan klik complete subsciption request >> cek email dan klik link aktivasinya

Delivered by FeedBurner