24 Februari 2009

Home » » langkah langkah awal dalam memelihara hamster

langkah langkah awal dalam memelihara hamster




1. Buat kandang hamster

Kandang hamster adalah faktor utama supaya hamster hidup sehat dan panjang umur. Kandang hamster minimal dibuat dengan ukuran 30x40 cm itu jika hamster hanya berjumlah 2 ekor, tetapi jika lebih besar ukuran kandang itu lebih bagus dan untuk ukuran tinggi kandang saya sarankan 30 cm atau lebih. Unuk kandang hamster sebaiknya jangan menggunakan bahan yang terbuat dari kayu dan sejenisnya atau bahan yang mudah habis jika digigiti. Karena binatang ini cenderung menggigit terus itu disebabkan memang dari sifatnya yang pengerat. Jika anda ingin membeli kandang hamster maka pergilah ke pet shop terdekat, tetapi harganya relatif mahal yaitu berkisar 100 ribu keatas. Tetapi harga segitu sudah dilengkapi fasilitas:

- Tempat makan

- Tempat minum berupa DOT

- Mainan hamster berupa putera-puteran

- Tempat tidur yang bagus

Harga dan fasilitas tersebut bisa kita dapat tetapi membelinya di jogja karena saya sendiri sedang kul dijogja. Dan itu semua bisa kitta beli di PASAR NGASEM. So anda bisa tentukan sendiri, mau buat sendiri atau mau beli. Kalau saya sendiri ya mending buat sendiri, itu semua disebabkan karena saya anak kost dan eman eman untuk beli kandang hamster dengan harga segitu. Saya punya tips untuk buat kandang hamster sendiri dengan menghabikan duit sekitar max 25.000. munkign akan saya ungkap laen kali saja ya…??

1. Jenis hamster yang akan dipelihara

Tentukan jenis hamster yang akan kita pelihara, karena hamster ini mempunyai beraneka jenis. Maka pilihlah sendiri mana yang akan kamu rawat. Untuk lebih jelas mengenai jenis hamster ya cari saja di google.com, disitu banyak banget situs yang menjelaskan aneka jenis hamster. Tetapi dalam jenis hamster kali ini saya memelihara jenis hamster CAMPBEL. Kenapa?? Karena bentuknya yang kecil banget dan menurut saya inilah yang sangat lucu dan nggak menjijikkan. Kenapa? Karena menurut saya yang laen itu besar besar sekali dan hamper mirip tikus CURUT dan bahkan ada yang seperti tikus got. Itu menurut saya lho…. Mungkin laen menurut yang laennya….karena kesukaan orang kan beda2. Hehehe

2. Pakan hamster yang kita beli

Untuk masalah pakan hamster yang pastinya tidak susah kok, bahkan bisa dibilang hamster adalah hewan yang tidak susah dalam hal pakan. Tetapi dalam pasal nomor 3 tentang pakan hamster ini akan saya bahas dalam bab berikutnya dalam judul “jenis jenis pakan hamster”. Supaya kalian semua tidak penasaran, maka akan saya kasih sedikit info tentang pakan hamster. Pakan hamster yang paling utama yaitu BIJI-BIJIAN, yaitu seperti:

- Jagung

- Pakan burung perkutut

- Kacang hijau

- Bunga matahari

- Beras/gabah, diutamakan beras/gabah merah

Aneka pakan hamster diatas adalah yang selama ini saya gunakan. Lihat foto berikut

pakan hamster

Dengan pakan tersebut saja bisa menghasilkan 9 ekor anak hamser yang sehat-sehat. tetapi bisa kita belikan yang mahal, dan semuanya tersedia di pet shop. Untuk harga makanan hamster yang saya pakai itu sangat murah, yaitu 5000/bungkus dan itu bisa cukup untuk 2 bulan. Atau kita bisa beli dengan terpisah, dan itupun juga dengan harga yang lebih murah, dan nantinya bisa kita campur sendiri.. mungkin cukup segini dulu artikel kali ini…

Oh iya… pakan pada foto diatas adalah pakan pokok yang aku gunakan sekarang, kadang kadang juga aku beri Wortel dan kecambah, tetapi itu mungkin seminggu sekali. Trims~~~~~


Ibu hamster sedang menyusui 7 ekor anaknya



Terima kasih telah berkunjung di www.hobyfarlet.blogspot.com serta membaca artikel: langkah langkah awal dalam memelihara hamster

ARTIKEL BISNIS TERBARU


Artikel Terkait Lainnya Seputar:



10 komentar:

  1. hamsterku lemes kenapa ya??
    udah 2 hari ini..gak mau makan ik..benar2 ingung,,soalnya baru pertama kali pelihara hamster..
    balas ya..thenks so much..

    BalasHapus
  2. waduh, lemes kenapa ya...?
    mungkin kurang air..
    kalo hamster lemes, padahal biasanya sehat berarti ada masalah dengan kesehatannya. kasih makanan kesukaannya coba, kuaci dan biji2an.. biar sehat. :D

    BalasHapus
  3. hamsterku suka garuk" gdu knp ia??apa serbuk kayu nya iang bikin gatal"??aku bingung ni,,cz lg pertama melihara hamster..

    trus bawaanya pengen keluar teus dari kandangnya..

    BalasHapus
  4. @nandanita : bisa juga gara2 serbuk kayunya.. coba di mandiin pake bedak.. atau pasir khusus hamster mandi. atau serbuknya di ganti sama pasir hamster saja. masalah pengen keluar, kalo malam emg gitu, makanya kandang hamster harus di kasih roda2an biar buat main agar hamsternya nggak stress.

    BalasHapus
  5. wah, aku mau numpang nanya, kalo alas kandang hamster bagusnya pake apa ya supaya ga bau? terus belinya dimana? soalnya aku pemula banget nih, aku belum pernah pelihara hewan2 darat, selama ini cuma pelihara ikan maskoki. hehehe

    BalasHapus
  6. @alifia: masalah kandang yang bau,, mungkin alifia harus mengeluarkan kocek sebesar 10-15 ribuan (cukup murah khan,,) untuk membeli pasir harum khusus hamster mandi,,,

    qw mo sharing ne masalah hamster golden yang baru qw beli, , dy sering rebutan mainan yang muter2 itu tu,, sampe berantem,,
    terus, gimana yah buat dy berkembang biak,,,

    BalasHapus
  7. hamsterku telinga nya kayak terluka penyakitan gitu kenapa ya?

    by:heru :((

    BalasHapus
  8. mau tanya kalo bikin kandang hamster gmn yah biar ngga mahal2

    BalasHapus
  9. @anonim: coba cek di postingan saya tentang kandang hamster..

    http://hobyfarlet.blogspot.com/2009/04/kandang-hamster-yang-baik.html

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar anda,..

cara berlangganan artikel blog ini

Untuk berlangganan, masukkan email anda kemudian klik OK > masukkan code dan klik complete subsciption request >> cek email dan klik link aktivasinya

Delivered by FeedBurner